Mengulas Tentang Apa Itu Meningitis dan Beberapa Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Bagi orang yang bukan dari praktisi kesetanan pasti kurang begitu tahu dan jelas mengenai apa itu meningitisJadi meningitis adalah salah satu penyakit yang terjadi karena adanya peradangan yang terdapat pada meningen. Meningen sendiri adalah lapisan pelindung yang berfungsi untuk menyelimuti otak serta saraf tulang belakang. Penyakit ini memang terkadang sulit sekali untuk dikenali. Karena biasanya penyakit ini hanya memiliki gejala seperti akan terserang flu yakni demam serta sakit kepala.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti contohnya adalah infeksi bakteri, virus jamur serta parasit. Hal lain yang bisa menjadi faktor seseorang terkena penyakit ini adalah seperti sistem imun dalam tubuh yang lemah juga dipercaya menjadi salah satu pemicu seseorang terkena meningitis. Penyakit ini memang dipercaya bisa menyerang segala usia tidak hanya orang dewasa saja. Termasuk salah satunya adalah bayi. Bila penyakit ini tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat maka dapat memicu beberapa komplikasi penyakit lain seperti kejang dan juga gagal ginjal.

Meski gejala awalnya mirip sekali dengan serangan flu, tapi Anda juga perlu tahu bahwa penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan. Biasanya pada bayi yang usianya masih di bawah 2 tahun bila terkena meningitis akan muncul benjolan di kepalanya. Berikut ini adalah beberapa gejala meningitis yang perlu Anda ketahui dan waspadai:

  1. Demam sampai menggigil, keadaan ini biasanya terjadi pada anak-anak atau bayi yang baru lahir.
  2. Adanya perubahan terhadap kondisi mental seperti bingung serta linglung.
  3. Mengalami mual dan muntah.
  4. Biasanya juga akan sensitif terhadap cahaya yang silau atau photophobia.
  5. Sakit kepala yang sangat parah.
  6. Leher akan menjadi kaku.
  7. Sering mengalami pingsan.

Meningitis memang menyerang segala usia dan paling sering akan menyerang orang-orang dengan sistem kekebalan tubuhnya yang sangat lemah seperti orang tua, anak-anak sampai dengan penderita HIV/AIDS. Segeralah untuk berkunjung dan meminta saran dokter apabila Anda mendapati gejala seperti di atas. Meningitis viral memang bisa sembuh tanpa adanya pengobatan sedangkan untuk meningitis yang disebabkan oleh bakteri bisa sangat berbahaya dan perkembangannya juga sangat cepat jadi dibutuhkan antibiotik untuk bisa meningkatkan pemulihan.

Hal lain yang penting dan perlu Anda ketahui adalah apabila seseorang yang terkena meningitis tidak segera mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat akan membuat kerusakan otak secara permanen serta efek yang ditimbulkan juga sangat berbahaya. Biasanya memang tidak ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui apa jenis radang selaput otak yang menyerang seseorang tanpa melakukan konsultasi dengan dokter.

Apabila ada salah satu keluarga atau rekan kerja yang terkena meningitis sangat penting bagi Anda untuk segera memberi tahu dokter. Hal ini dikarenakan mungkin Anda juga perlu mendapatkan obat yang dapat digunakan untuk mencegah infeksi penyakit tersebut. Setelah Anda mengetahui apa itu meningitis, maka dari itu mulai sekarang menjaga kesehatan serta kebersihan diri serta keluarga adalah merupakan hal yang sangat penting. Anda bisa memulainya dengan menerapkan gaya hidup sehat pada orang-orang yang ada di sekitar Anda. Seperti dengan melakukan olahraga setiap hari, menjaga pola makan agar tubuh bisa mendapatkan asupan gizi yang cukup dengan memperbanyak makan sayuran, buah serta minum air putih. Menghindari begadang bila tidak penting dan bila perlu lakukan vaksin meningitis supaya lebih aman dan tenang.